Hipertensi dan Cara Mudah Mengatasinya

0 Comments
Hipertensi Tak Terkontrol Berisiko Pikun di Usia Senja

Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang banyak kita tahu ini adalah faktor risiko terjadinya stoke hingga penyakit jantung. Harus kita ketahui bahwasannya hipertensi sebenarnya bisa merusak semua organ tubuh.
Ketua Perhimpunan hipertensi Indonesia, Dr. dr. Yuda Turana, SpS mengungkapkan, hipertensi ternyata menjadi salah satu faktor risiko terjadinya demensia atau kepikunan pada usia lanjut.
"hipertensi usia muda yang tidak terkontrol faktor risiko pikun di usia senja," ujarnya.
Yuda menuturkan, hipertensi turut memengaruhi kerusakan pembuluh darah di otak yang memicu terjadinya stroke apabila tidak terkontrol.


Selain itu, sejumlah penelitian menemukan bahwa hipertensi juga bisa merusak sel-sel di otak yang terkait dengan fungsi kognitif. Kerusakan tersebut bisa berlanjut menjadi demensia.
Yuda mengungkapkan, berdasarkan penelitian di Yogyakarta pada Desember 2015 hingga Januari 2016, wanita pun lebih berisiko demensia akibat hipertensi.
Penelitian menemukan, wanita yang terkena stoke berpotensi mengalami demensia 7 kali lipat dibanding pria yang hanya berisiko 4 kali lipat.
Hipertensi bisa menyerang di usia muda. Apalagi jika memiliki riwayat keluarga yang terkena hipertensi. Pemeriksaan tekanan darah secara rutin membantu menemukan penyakit hipertensi sejak dini. Dengan begitu, tekanan darah pun bisa dikontrol sejak dini.
Untuk itu kita harus mencegah agar tidak terjadi hipertensi berikut beberapa tips yang yang mudah kita lakukan.
  • Mulailah pola makan sehat 
  • Membatasi asupan garam, 
  • Tidak merokok, 
  • olahraga secara teratur,
  • Istirahat teratur dll.
Tips yang lebih mudah adalah dengan menyeimbangkan asam dalam tubuh, caranya dengan mengkonsumsi asupan yang membuat tubuh kita basa yaitu asupan Alkali dan mengkonsumsi makanan sehat yang jauh dari obat obatan kimiawi.


Lindungi tubuh anda dengan Prodak prodak Alami dari herbal yang berkwalitas tinggi, gunakan selalu prodak2 dari Herballove untuk menunjang kesehatan anda.

Semoga bermanfaaat.


You may also like

Tidak ada komentar: